13 Oktober, 2009

Bakpao Lembut

Adonan Bapao Lembut ManisOct 13, '09 9:10 AM
for everyone
Dari beberapa resep bapao hasil kursus , resep ini menurut ku yg paling lembut dan enak .. adonan nya alus rasa nya manis manis jambu .. enak deh, harus nya sih bisa lebih mekar dan pecah hasil nya, tapi syarat nya, adonan bapao setelah di isi dan dibentuk harus segera di kukus, nah kayak nya rada susah nih menerapkan teknik yg satu ini, maklum kerja sendirian, jadi ya adonan lama nunggu di kukus

Tapi gak pecah juga gpp lah, yg penting enak .. bener deh :-)

Ini resep nya ya:

Bahan Biang:
250 gr Terigu protein rendah
1 sachet Ragi instant ( 7 gr)
138 gr air

125 gr Terigu
125 gr Gula pasir
50 gr Air
20 gr Baking Powder Double Acting
1/2 sdm Mentega putih atau 1 sdm minyak

Cara membuat:
Adonan biang : terigu, ragi, air, aduk jadi satu dengan spatula, lalu di uleni sebentar dengan tangan supaya menyatu dan tidak lengket saja.
Boleh juga di mixer selama 2 - 3 menit.
Lalu adonan di tutup plastik wrap, diamkan minimal 1,5 jam (kemaren aku tinggal pergi 2,5 jam an deh )

Kemudian campur adonan biang dengan semua sisa bahan ke dalam mixer, uleni selama 20 menit (agak lama menguleni nya supaya adonan halus dan mekar bagus)

Timbang adonan @ 20 - 30 gr (untuk ukuran bapao kecil, kalo mau bapao besar @ 40 - 50 gr), bentuk bulat2 dengan tangan dilumuri tepung.
Giling adonan tipis bulat melebar, isi dengan filing, tutup dengan di lipit2.
Segera kukus di kukusan yang sudah dipanaskan dengan api besar selama 10 - 15 menit hingga matang.





P1000973.jpg




P1000974.jpg




P1000975.jpg




P1000976.jpg




P1000977.jpg




P1000999.jpg




P1010001.jpg
5 Comments




P1010002.jpg




P1010004.jpg




P1010006.jpg
1 Comment




P1010008.jpg




P1010009.jpg




P1010010.jpg




P1010011.jpg




P1010014.jpg




P1010015.jpg
2 Comments




P1010013.jpg




P1010012.jpg




P1010016.jpg




P1010017.jpg




P1010018.jpg
2 Comments


babyhakunamatata wrote on Oct 13
kayak bikin hakau gak, mbak vit ?
adekbayi wrote on Oct 13
iya mirip2 lipitnya sih .. tapi adonan nya mah beda
dessynatal wrote on Oct 13
Tak tunggu resepnya mbak...boleh ya?
adekbayi wrote on Oct 13
boleh .. udah tayang nih hehe
essymoestl wrote on Oct 13
Mbak Vitri, mn nih price list kuker yg ditunggu2 heehhe ..
cutyfruty wrote on Oct 13
Wah jadi pengin bapao nih. Makasih resepnya ya Vit. Siapa tahu suatu kali aku pengin bikin sudah ada resep.....
adekbayi wrote on Oct 13
hihi .. di coba aja langsung mbak .. nunggu nanti keburu lupa hehe
adekbayi wrote on Oct 13
Mbak Vitri, mn nih price list kuker yg ditunggu2 heehhe ..
hihi .. belom ngitung hahaha .. begini nih penjual mood2an ..biasa suka nya mefeet hehe
shasa89 wrote on Oct 13
wah musti dicoba nih,kmrn2 prnah bikin,hasilnya ga ok.tfs yah mba
tatiesby wrote on Oct 13
baking powder yang biasa gak bisa ya, mba?
tatiesby wrote on Oct 13
ehm ... enaknya ... lama nih gak makan bakpao ...
adekbayi wrote on Oct 13
enak loh .. ayo dibikin ..

untuk beberapa jenis kue tertentu emang diperlukan baking powder double acting supaya hasil nya maksimal, sebab bisa bereaksi kalo kena cairan dan kena panas
adekbayi wrote on Oct 13
shasa89 said
wah musti dicoba nih,kmrn2 prnah bikin,hasilnya ga ok.tfs yah mba
silahkan dicoba yah, mudah2an cocok juga resep nya
yusys wrote on Oct 13
beli dimana....
theb4t3s wrote on Oct 13
Cara bikin wironnya gimana nih Vit..bagus hasilnya..
adekbayi wrote on Oct 13
di lipit2 aja dikit2 sambil maju jari nya sampe nutup semua adonan nya
adekbayi wrote on Oct 13
yusys said
beli dimana....
yg ini sih kemaren beli di Phoon Huat Spore pas mudik kemaren, tapi di indo juga banyak kok, ato yah di qatar cari di toko bahan kue kali ya
yusys wrote on Oct 13
di qatar udah ngubek nggak ada say...hiks
yusys wrote on Oct 13
beneran KA...hehehehe...bukan bosch....hahahahaha
adekbayi wrote on Oct 13
yg ini emang KA mbak .. yg kemaren nanya khan di foto nya bosch hehe
adekbayi wrote on Oct 13
yusys said
di qatar udah ngubek nggak ada say...hiks
kalo gitu nitip ama yg mudik donk mbak
liniamrata wrote on Oct 13
mba...pengen nyobain kalo pake mixer biasa bisa gak ya???abis gak punya KA.Kalo pake tgn nguleninya khan capek banget...
adekbayi wrote on Oct 13
pake mixer biasa yg hand mixer bisa juga sih pake yg kawat spiral? tapi gak bisa lama2 yah takut panas mesin nya, paling bagus yah ngadon sih pake mesin roti

How do you like this?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar