13 Oktober, 2009

Roti Empuk

roti empuk (soft bread)


judulnya roti empuk, bayangannya pasti roti yang menul2 gituh, tapi kalo roti buatanku ini, hehehe, kayaknya masih jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuh (1 juta meter) dari roti empuk, hihihi... it's my very first, gapapa lah, namanya juga pertama kali bikin roti... aku ga tau kesalahan ada dimana, perasaan nguleninnya udah kalis elastis (aku sampe dibantu ayah-nya muthia ngulenin, hehe). kayaknya emang harus beli mikser roti deh, soale kalo pake tenaga tangan, ga jamin bisa empuk n menul2 kayak di bakery, hehehe.
kalo dari rasa, aku berani jamin lebih enak dari bakery, apalagi aku pake butter wijsman, plus airnya aku ganti dengan susu cair (yang ini karena kesalahan teknis, harusnya masukin air dingin, aku malah masukin susu dingin, hehehe, tapi jadinya malah enak lo). resepnya aku pake resep roti empuk/soft bread-nya NCC. lain kali pengen coba lagi, harus bisa meski tanpa mixer roti, apalagi ini kesukaannya muthia, harus sudah pinter bikin roti sebelum muthia bisa ngomong n protes karena rotinya "padat", hehehe

Rabu, 2008 Desember 31

IKAN MASAK ACAR

masih resep favorit keluarga, muthia seneeeng banget, makannya juga lahap, apalagi ayahnya, hehehe... coba deh resep ikan acar ini, pasti kebanjiran pujian dari suami dan keluarga, hihihihi.
resepnya dari nenek buyutnya muthia...nenek buyutnya muhtia memang T.O.P B.G.T, kagum dengan kelezatan racikan bumbu2 masakannya, secara beliau tukang masak sih, kekekek

weleh, bikin lapar

ikannya kemaren pake ikan laut yang warnanya kuning kemerahan, ga tau namanya, kalo orang jawa bilang ikan kuniran... lebih mantap kalo pake ikan gurame ato ikan kakap, weleh, nikmeh banar, apalagi makannya pake nasi anget, waddoh, bisa lupa daratan, kekekek

IKAN MASAK ACAR
modified by santi

untuk 5 ekor ikan ukuran sedang

bumbu halus :
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri
  • 1 jari telunjuk kunyit
  • 1 ruas kelingking jahe
  • 1 sdm cuka masak
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
bumbu cemplung :
  • 5 siung bawang merah, potong2 jadi dua
  • 10 butir cabe rawit (boleh lebih)
cara membuat :
  1. bersihkan ikan, goreng sampai matang
  2. haluskan bumbu
  3. tumis bumbu halus sampai harum
  4. tambahkan air kira2 200 ml ato 1 gelas
  5. masak sampai mendidih
  6. masukkan ikan goreng
  7. tambahkan bumbu cemplung
  8. masak sampai bumbu meresap dan air habis
siap disajikan

SIMPLE MARMER CUP CAKE

penasaran sama marmer cakenya bu fat yang beredar di milis ncc, menurut sebagian besar yang nyoba katanya cakenya lembut plus bikinnya gampang pula... kebetulan aku lebih seneng cake model begini daripada cake yang macem2 dengan beragam toppingnya yang membuat eneg menurutku, hehehehe, maklumlah aku masih tetap setia dengan selera ndeso, kakakakak


pake loyang muffin biar ga perlu potong2 lagi


setelah dicoba rasanya emang enyaaaak, aku suka banget, kayaknya ini bakalan jadi resep andalan deh, hehehe...cocok banget sama lidahku...apalagi kalo pake butter yang oke, dijamin makannya sambil merem melek, kakakakak


Simpel Marmer Pound Cake
by Fatmah Bahalwan, NCC

Bahan:

  • 150 gr mentega (aku pake butter "blue triangle")
  • 100 gr gula pasir
  • 3 btr telur utuh
  • 1 btr kuning telur
  • 150 gr tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt coklat bubuk


Cara membuatnya:

  1. Campur tepung terigu dan baking powder, sisihkan.
  2. Kocok mentega hingga lembut, masukkan gula pasir perlahan sambil terus dikocok sampai mengembang pucat.
  3. Masukkan telur satu persatu, sambil tetap dikocok. Kecilkan kecepatan mikser, tuang terigu yang sudah dicampur dengan baking powder, aduk rata.
  4. Sisihkan 2 sdm adonan, beri coklat bubuk, aduk rata. Tuang sisa adonan putih kedalam
  5. Loyang loaf 22x10cm, beri adonan coklat secara acak, kacau dengan sumpit hingga membentuk motif marmer.
  6. Panggang dalam oven dengan suhu 180’C, selama lk. 40 menit atau hingga matang.

note :
kalo pake loyang muffin manggangnya sebentar ajah, sekitar 15 menit sudah mateng

CHOCOLATE BROWNIE CUP CAKE

proyek liburan natal kemarin, memanfaatkan sisa dcc colatta yang sudah berbulan2 lalu aku beli, kekekek, tapi masih bagus kok dan rasanya masih oke, hihihihi...
resepnya pake resep brownis coklat dari blognya mbak yenni yang diambil dari majalah Selera edisi bulan Oktober 2008.
brownis ini ga kayak brownis pada umumnya yang bantat, resep ini lebih empuk, lebih nge-cake... wenak pokoke, tapi kemaren isiannya aku pake chocolate chip, jadinya nyoklaaaat banget, kalo menurut aku yang notabene ga seneng coklat rasanya terlalu nyoklat, eneg, hehehehe... mungkin lain kali isiannya pake kacang mede sesuai resep aslinya, hihihi


ga dihias blas, polosan ajah, hehehe, tapi wenak lho


monggo resepnya


BROWNIES COKLAT (majalah selera edisi Oktober 2008)
sumber : blognya mbak yenni


Bahan :
  • 150 gr margarin
  • 200 gr coklat, cincang halus (aku cuman 150 gr, tinggal segitu sih, hihihi)
  • 3 bt kuning telur
  • 50 gr gula pasir
  • 65 gr terigu protein sedang
  • 15 gr coklat bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 3 bt putih telur
  • 50 gr mede cincang, panggang

Cara Membuat :
  • Lelehkan coklat dan margarin sampai cair, kocok kuning telur dan 25 gr gula pasir hingga kental.
  • Kocok putih telur dan sisa gula pasir sampai mengembang, campurkan dengan kocokan kuning telur dan tambahkan sisa bahan, aduk rata.
  • Tuang kedalam cetakan cupcake, panggang dengan suhu 180 derajat selama 10-15 menit (jangan lebih dari itu ya...nanti bronisnya ga moist).
  • Hias dengan coklat cair.

Jumat, 2008 Desember 19

BANDENG PRESTO

menu pagi ini bandeng presto, menu kesukaannya muthia, ngerebus ikannya udah malamnya, tapi tadi pagi pas mau digoreng kok kurang empuk, yah sud lah direbus lagi di panci presto selama 1 1/2 jam jadi total merebusnya 2 1/2 jam, lamaa banget yah, padahal biasanya cukup satu jam. mungkin karena ukurannya yang jumbo, ga dimuat di panci prestoku, harus dibelah dua, padahal panci prestoku ukuran besar...lain kali kalo beli ikan bandeng pilih yang ukuran sedang ajah, gini ini ga hemat energi, kekekeke


dasar panci sebaiknya dialasi daun pisang supaya ikannya ga lengket


gambarnya ndeso, ga artistik blas, sudah piringnya ga gaya, ikannya cuman separo, kameranya ga mutu pulak, kakakakak
tapi rasanya mantafffff



BANDENG PRESTO

modified by santi

untuk sekitar 1/2 kilo bandeng, tapi punyaku kemaren sekitar 600 gr-an, hehehe

bumbu halus :

1 jempol kunyit (weleh kalo jempolnya segede pentungan lain lagi yah, hihihi)
1 sdt ketumbar
1/2 sdt jintan
3 siung bawang putih
1 sdm garam (kalo aku suka asin, jadi biasanya aku lebihin, hihihi)

siapin juga daun pisangnya yah, dicuci dulu loh

cara membuat :
  • cuci ikan bandengnya
  • siapkan panci dan alasi dasarnya dengan daun pisang
  • haluskan bumbu
  • balur ikan dengan bumbu
  • tata di dalam panci
  • tambahkan air sampai semua bagian ikan tenggelam
  • rebus dengan api sedang sampai uap air keluar atau sampai panci berbunyi mendesis (weleh emang ular, kakakak)
  • kecilkan api, rebus dengna api kecil selama 1 - 2 jam (tergantung besarnya ikan)
  • dinginkan
  • siap digoreng, bisa digoreng dengan kocokan telur ataupun tepung terigu biar kriuk2, hehe

note :
putar panel yang L (low) yah, tapi itu untuk panci merek supor kayak aku, kalo merek lainya beda lagi kali yah, sesuaikan dengan petunjuk pancinya ajah, hehehehe

Selasa, 2008 Desember 16

ROTI PISANG

masih penasaran dengan "roti yang aneh" yang aku posting kemaren, aku bikin lagi dengan resep yang sama tapi kali ini isi pisang... kok tetep keliatan aneh yah, hehehe... bikinnya sambil diganggu muthia, alhasil pas mbentuknya ga bisa licin. sengaja dibuat gede2 biar cepet selesai sebelum muthia mengobrak-abrik semuanya, hehehe (alesan, bilang aja ga bisa mbentuknya, hihihi)
rasa, enak, empuk, lumayan bikin kenyang untuk cemilan sore, hehehe... kayaknya rasanya bakalan lebih maknyush kalo airnya diganti susu cair, trus pake butter yang enak, hihihi (ya iyalah buk)



resep aku ambil dari kemasan terigu cakra kembar, bogasari, judul asli roti abon
bahan polesan yang aku pake cuman susu cair, bahan isian pisang plus maises

Bahan :

500 gr terigu cakra kembar
15 gr DeliQuick Instan Yeast (aku pake 1 sachet fermipan)
110 gr gula pasir
30 gr susu bubuk
8 gr garam (aku 1/2 sdt)
2 gr bread improver (aku ga pake)
100 gr (2 butir) telur utuh
180 ml air dingin
90 gr mentega/margarin

Cara membuat :
  • campur semua bahan kering, aduk sekitar 1 menit (aku kecuali garam)
  • tambahkan telur dan air, aduk hingga menggumpal. kemudian masukkan mentega/margarin (plus garam) dan aduk hingga kalis
  • istirahatkan 10 menit
  • potong timbang 40 gram, bulatkan
  • istirahatkan lagi 10 menit
  • kempiskan tambahkan bahan isi
  • istirahatkan 90 menit atau hingga mengembang 2 kali lipat
  • poles dengan bahan polesa
  • bakar di oven pada suhu 190 derajat selama 10-12 menit

Sabtu, 2008 Desember 13

BUBUR SUM SUM

inget kata2nya bu fat di web NCC "Boleh cerita sukses bikin chees cake dan Tiramisu, tapi kalau blom sukses bikin Bubur Sum-sum, tak sempurnalah ratu dapur. Hehehehe...." jadi tertantang juga untuk coba bikin... sebenernya sudah berkali2 aku bikin bubur sumsum, karena bubur ini termasuk favorit di rumahku, tapiiiii ga pernah sukses, yang menggerindil lah, yang kurang lembut lah, macem2 alasannya... kali ini sukses berat, bubur sum sumku lembuuuuuuuut banget, wenak pokoke... hihihihi


resep asli dari NCC tapi aku modifikasi sesuai pesediaan bahan

BUBUR SUM SUM
modified by santi

bahan bubur :
  • 120 gr tepung beras (gampangnya 100 gr ajah, aku pake 120 gr soale emang tinggal segitu, hihihi)
  • 1000 ml santan
  • 1 sdt garam

bahan kinca :
  • 1 buah gula merah (punyaku aku timbang sekitar 300 gr)
  • 200 ml air

cara membuat bubur :
  • larutkan tepung beras dalam santan, harus larut semua yah supaya ga menggerindil nantinya
  • masak di atas api sambil diaduk terus sampai matang dan meletup2, masaknya sampai ga ada yang menggerindil yah, kalo masih ada yang menggerindil aduk2 terus sampai lembut

cara membuat kinca :
  • sisir gula merah
  • masak dengan air sampai larut dan mendidih

bubur siap disajikan bersama kinca


note :
kalau lebih senang kinca yang kental bisa dikurangi takaran airnya sekitar 100 ml ajah, tergantung selera lah mau yang berkuah ako yang kental

selamat mencoba

salam bubur sum sum

Selasa, 2008 Desember 09

ROTI YANG ANEH


muthia lagi sakit, pengen bikin roti buat cemilan jaga2 kalo si muthi ga mau makan... tapi apa yang terjadi... weleh, rotiku gagal... kesalahan bukan pada resep tapi kebodohanku dewe... harusnya bahan kering dicampur rata dulu, baru dimasukkan bahan cair seperti telur dan air... tapi karena terburu2, aku lupa belum masukin susu bubuk, akhirnya susu bubuk dimasukin setelah telur dan air masuk, dan susu bubuk menggerindil dengan sempurna... parahnya, adonan kelembekan, dengan terpaksa nambahin tepung lagi, hehehe...


nah kan, keliatan toh yang menggerindil, ga mulus blas, karena putus asa rotinya aku oven tanpa olesan apa2, hehehe

waktu keliatan agak kecoklatan segera aku angkat dari oven trus kompornya kumatikan, eeeeh ternyata dalamnya kurang matang, weleh, padahal kompor sudah terlanjur mati, akhirnya dengan susah payah aku harus nurunin oven dari kompor, trus nyalain kompornya, nunggu apinya rata, trus ngangkat oven ke atas kompor lagi, walah, beraaaaat banget, ovenku termasuk gede, oven tangkring merk hock ukuran no.1, biasanya ayah yang bagian ngangkat oven, ga mungkin kan aku nyuruh ayah pulang dari kantor hanya untuk ngangkat oven, hehehe, encok ku kumat nih, hihihi

alhasil bagian luar roti jadi krispy, kalo ayam goreng crispy mah enak, tapi kalo roti crispy, enak juga sih pas masih anget, tapi kalo sudah dingin luarnya jadi keras, hehehe

dari segi rasa oke, enak, empuk (dalamnya sih), hehehe
aku pake resep di kemasan terigu" cakra kembar" bogasari, sengaja resepnya ga aku tulis supaya tidak memberi image negatif, karena sekali lagi aku tekankan kesalahan bukan pada resep, tapi karena keamatiranku, hwehehehe



note:
karena blog ini adalah jurnalku di dapur, maka ga hanya yang bagus2 aja yang aku posting, yang gagal pun aku masukin, jadi bagi yang tidak berkenan, maaf ya, hihihi

Senin, 2008 Desember 08

KARE AYAM


hmmmm, wangiiii, enyak2... masakan paling populer, siapalagi kalo bukan kare ayam... nikmat.... apalagi kemaren makannya pas buka puasa, waduuuuh, alhamdulillah enak.... meskipun sempet kurang asin karena ga bisa nyicipin, tapi trus malamnya aku perbaiki, dan setelah nginep semalam rasanya jadi tambah mantap... entah kenapa kalo masakan bersantan aku lebih seneng yang sudah diinapkan semalam daripada yg masih seger, lebih "nyamleng" menurutku, hehehe, selera yang aneh.
resepnya aku pake resep nenek buyutnya muthia, hehe, tapi jumlah bumbunya aku kira2 sendiri disesuaikan dengan selera, hehehe

KARE AYAM
modified by santi

bahan :

1 kg ayam, potong2, cuci bersih
500 ml santan encer
500 - 1000 ml santan kental

bumbu halus :

3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
5 butir kemiri
1 sdt ketumbar
1/2 sdt jintan
1 jari telunjuk kunyit
1 buah tomat sedang

bumbu cemplung:

2 batang serai, keprek
5 lembar daun jeruk
5 lembar daun salam
1 jempol lengkuas, keprek

cara membuat:

tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan bumbu cemplung
masukkan santan encer, aduk rata
masukkan ayam, masak sampai matang dan empuk
masukkan santan kental, masak sampai bumbu meresap dan kuah mengental
sajikan hangat bersama nasi putih

selamat mencoba

Minggu, 2008 Desember 07

ROTI BLUDER

masih tentang roti, aku pengen banget bikin roti bluder, roti favoritku, secara kalo beli harganya relatif lebih mahal dibanding roti biasa. liat resep NCC walah kuning telurnya kok butuh 17 biji, pantesan rasanya mak nyush dan lebih mahal. trus cari2 resep yang lebih ekonomis ketemu roti bluder di blognya mbak rita yang katanya copas dari blognya mbak widya hidayat yang sumber aslinya adalah "52 resep kue populer sedap"... walah panjang banget rantai distribusinya, hehehe...
dari rasanya oke, enak, menul2, horeee sekarang aku sudah mulai bersahabat sama roti2an, berkat concerto, ga ada masalah lagi dengan pengulenan, hiihihi... tapi kemaren ada sedikit kecelakaan, telur yang aku pake ukurannya gede banget, adonannya jadi terlalu lembek, padahal airnya sudah aku kurangin, terpaksa nambahin tepung terigu, hehehe, jadi ga sesuai resep, yang seharusnya jadi 25 biji roti, punyaku kemaren bisa jadi 30 biji, hehehe... karena kebanyakan n takut ga ada yang makan, dibagiin ke tetangga kanan kiri, tapi rasanya tetep enak kok, muthia aja seneng... isiannya aku pake vla vanila, hmmmm, wenak, karena males bikin vla, aku pake vla instan krema...


dari beberapa kali bikin roti, kayaknya ini yang paling berhail, empuk menul2... mungkin karena pengulenannya sempurna yah, adonan jadi bener2 kalis elastis... kapan2 pengen bikin roti bluder yang wenak ah... mau???
tapi aku kurang setuju kalo resep ini dinamai roti bluder, lebih cocok ke soft bread alias roti empuk, soale roti bluder kan warnanya kuning dan uempyuuuuuk, mungkin karena penggunaan kuning telur yang banyak yah... hehehe,kayak yang ngerti soal roti ajah, hihihi... btw, aku kok jadi protes soal pemberian nama resep, namanya kan suka2 yang bikin resep toh ya, hehehe

monggo resepnya

ROTI BLUDER
sumber: 52 resep kue populer sedap

bahan:

400 gr terigu cakra
100 gr terigu segitiga
1 sachet ragi instan
150 gr gula pasir
75 gr susu bubuk
2 butir telur utuh
2 butir kuning telur
25 ml susu evapotrated (aku pake 50 ml susu cair)
175 ml air es (aku pake 150 ml)
100 gr mentega
1 sdt garam

isian : sesuai selera

cara membuat:

  • campur bahan kering jadi satu kecuali garam dan mentega
  • masukkan telur, susu, air es sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis
  • masukkan garam dan mentega, uleni sampai kalis elastis
  • bulatkan adonan, tutup dengan serbet bersih, diamkan 30 - 35 menit atau sampai adonan mengembang
  • kempiskan adonan, timbang masing2 seberat 40 gr, diamkan 10 menit
  • kempiskan lagi, pipihkan dan isi dengan bahan isi
  • bulatkan, taruh di loyang muffin yang telah dialasi papercup
  • diamkan selama 75 menit, atau sampai adonan mengembang 2x lipat
  • olesi dengan susu cair dan taburi dengan bahan isian
  • oven dengan 190 derajat selama 15 menit

Kamis, 2008 Desember 04

DONAT EMPUK

nyam...nyam... enak tenan empyuk pisan... masih dalam rangka memberdayakan concerto, bikin yang ga pake ngoven2an, pilihan jatuh pada donat. rasanya, weleh weleh, mak nyush nyosh... empuk, menul2 dan donat banget, bukan roti... pake resep donat ncc yang aku modifikasi dikiiiiiiiiit, hihihihi... toppingnya sengaja ga macem2, cuman pake gula halus, supaya lebih kerasa jadul, bosen dengan donat jaman sekarang yang toppingnya macem2, bikin eneg, hehehe


DONAT EMPUK
resep asli fatmah bahalwan NCC
modified by santi

bahan :

250 gr terigu cakra
250 gr terigu segitiga
1 sachet ragi instan
100 gr gula
30 gr susu bubuk
60 gr margarin/mentega
3 butir kuning telur
1/4 sdt garam
200 ml air

cara membuat :
  • aduk rata semua bahan kering kecuali garam, uleni sampai rata
  • masukkan garam dan margarin/mentega, uleni hingga kalis
  • bulatkan adonan, diamkan 15 menit sambil ditutupi plastik
  • bentuk adonan atau bisa menggunakan cetakan donat, diamkan sampai 1 jam
  • goreng dalam minyak banyak dengan api sedang cenderung kecil
  • dinginkan, beri topping sesuai selera

Selasa, 2008 Desember 02

pizza ayam


kali ini pizza dengan topping ayam... ternyata ga kalah yummynya ma sosis... wenak tenan... resepnya masih sama dengan resep homemade pizza yang aku posting tempo hari. yang membedakan adalah rotinya, kali ini rotinya empuk banget, wenak pokoke, garing diluar empuk didalam. ternyata rahasia kunci roti adalah pada saat nguleninnya. pengulenan harus kalis sempurna. kali ini nguleninnya pake concerto, yang aku pesan dari bu fat, kemaren sore dateng, malamnya langsung aku berdayaan untuk ngulenin pizza, hehehe... dan ternyata bener, ga sampe 10 menit adonan sudah kalis....
menurutku resep roti pizza ini yang paling enak, beberapa hari yang lalu bikin pizza pake resep dari majalah sedap aku kurang suka *ups sori* hihihi

How do you like this?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar